Home » » PEDOMAN PENULISAN SOAL DAN PENILAIAN ULANGAN AKHIR SEMESTER DAN ULANGAN KENAIKAN KELAS SMK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PEDOMAN PENULISAN SOAL DAN PENILAIAN ULANGAN AKHIR SEMESTER DAN ULANGAN KENAIKAN KELAS SMK TAHUN PELAJARAN 2015/2016



A.  PEDOMAN PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA
Dalam menulis soal pilihan ganda harus memperhatikan kaidah-kaidah sebagai berikut:

1.  Materi
a.   Soal-soalnya dibuat sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan melalui kisi- kisi            (terlampir).
b. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
c. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.

2.  Konstruksi

a.  Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
b.  Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang         
     diperlukan  saja.
c.  Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
d.  Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. e.  Panjang   
     rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
f.   Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan, "Semua pilihan jawaban di ata
     salah", atau "Semua pilihan jawaban di atas benar".
g.  Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan 
     besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologisnya.
h.  Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan 
     berfungsi.
i.   Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.

3.  Bahasa

a.  Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.

       b.  Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat, jika soal akan digunakan                 untuk daerah lain atau nasional.
c.  Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.

d.  Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu 
      kesatuan pengertian.


B PEDOMAN PENULISAN SOAL URAIAN
Kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dalam penulisan soal uraian adalah sebagai berikut:

1.  Materi

a.  Soal-soalnya dibuat sesuai dengan indikator    yang    telah ditetapkan melalui kisi- kisi  
     (terlampir).

b.  Batasan  pertanyaan  dan  jawaban  yang  diharapkan  (ruang  lingkup)  harus jelas.

c.  Isi materi yang ditanyakan sudah sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, atau tingkat 
      kelas.

2.  Konstruksi

  a. Rumusan kalimat soal atau pertanyaan harus menggunakan    kata-kata Tanya atau  
      perintah yang menuntut jawaban terurai, seperti: mengapa, uraikan, jelaskan
      bandingkan, hubungkan, tafsirkan, buktikan, hitunglah. Jangan menggunakan kata  
      tanya  yang  tidak menuntut jawaban uraian, misalnya: siapa, di mana, kapan. 
      Demikian  juga kata-kata tanya yang hanya menuntut jawaban ya atau tidak.
b.  Buatlah petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
c.  Buatlapedoman penskoran  segera setelah soalnya  ditulis.
d.  Hal-hal  lain  yang  menyertai soal  seperti tabel, gambar, grafik, peta, atau yang 
     sejenisnya, harus disajikan dengan jelas dan berfungsi.


3.  Bahasa

a.  Rumusan soal menggunakan bahasa yang sederhana.

b.  Rumusa soa tida mengandun kata-kata   yan dapa menyinggungperasaan 
     siswa.

c.  Rumusan  soal  tidak  menggunakan  kata-kata/kalimat  yang  menimbulkan     
      penafsiran ganda atau salah pengertian.

d.  Butir soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan  benar.
e.  Rumusan soal harus komunikatif.
f.   Jangan menggunakan bahasa yanberlaku setempat, jika soal akan digunakan untuk 
     daerah lain atau nasional.


C.   PEDOMAN PENILAIAN
·    Pedoman penilaian terangkum dalam tabel di bawah
   ·    Untuk uraian tidak harus tiap item soal bernilai 6, jika tiap item soal memiliki bobot yang 
         berbeda, silahkan untuk memberikan skor yang berbeda pula dan jumlah skor seluruh uraian 
         harus 30.
·    Nilai akhir = ( skor PG +skor Uraian) : 10




NO


BENTUK SOAL

BANYAK SOAL


SKOR/SOAL

JUMLAH SKOR


SKOR MAKSIMUM

1

PILIHAN  GANDA

35

2

70






100

2

URAIAN

5

6

30


TOTAL SKOR

100


Thanks for reading PEDOMAN PENULISAN SOAL DAN PENILAIAN ULANGAN AKHIR SEMESTER DAN ULANGAN KENAIKAN KELAS SMK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

1 komentar: